Rabu, 29 Oktober 2014

boleh diCOBA

Assalamuallaikum sahabat muslimah ...

Sebenarnya mungkin sudah begitu banyak muslimah yang memahami bahasan dari postingan saya kali ini, tapi tidak ada salahnya untuk kembali berbagi agar semakin banyak muslimah yang bisa tampil cantik dengan pemakaian hijab yang sesuai dengan bentuk wajah.

Pada intinya, pemilihan model penggunaan hijab persis sama dengan pemilihan model rambut yaitu untuk menutupi kekurangan dari bentuk wajah itu sendiri supaya terlihat lebih sempurna. Namun tetap harus diingat penggunaan hijab agar memenuhi kaedah-kaedah tuntunan agama dan syar'i.

Coba simak gambar berikut ini (cciieeh ...) diambil dari AINA MODA :




Mari kita bahas satu persatu : 
1. Bentuk wajah kotak/segiempat (the square face)
Bentuk wajah ini lebar dahi dan rahang hampir sama, bahkan ada yang benar-benar kotak (tulang rahangnya kokoh dan lebar). Dengan bentuk muka seperti ini, upaya kita menyiasati kekurangan bentuk wajah adalah dengan menggunakan hijab yang menutupi tulang rahang dengan dalaman (ciput) yang tidak ditunjukkan, bagian dahi dibuka. Bentuk wajah sayapun cenderung kotak dan saya lebih percaya diri menggunakan hijab segiempat yang dipakai dengan cara dilipat jadi segitiga sehingga di pucuk kepala terbentuk semacam pet/topi. Lipatan hijab yang dipertemukan di bawah dagu tidak dilipat dulu di pipi tapi langsung disematkan di bawah dagu seperti gambar di atas. 

2.Bentuk wajah bulat (the round face)
Bentuk wajah bulat hampir sama dengan bentuk wajah kotak/persegi empat hanya rahang tidak terlalu kokoh dan pipi biasanya cenderung lebih berisi (cubby). Penggunaan hijab untuk bentuk wajah bulatpun hampir sama dengan cara menggunakan hijab untuk bentuk wajah kotak/segiempat hanya pada bagian dahi agak diturunkan sehingga seimbang bagian dahi, pipi dan rahang yang tertutup hijab.

3. Bentuk wajah bulat telur (the oval face)
Bentuk wajah paling ideal, jadi model penggunaan hijab bagaimanapun dapat diaplikasikan oleh si empunya bentuk wajah ini.

4. Bentuk wajah segitiga (the heart/triangular face)
Bentuk wajak segitiga adalah bentuk wajah dengan dahi lebar dan mengecil ke arah rahang, segitiga terbalik atau bentuk heart (hati). Dengan bentuk muka seperti ini gunakan hijab dengan cara menutup sebagian dahi lalu menekuk di bagian bawah dahi menuju ke pipi lalu semat di bawah dagu, jadi bagian dahi yang melebar (ujung-ujung segitiga) tertutup hijab. Agar lebih rapi dan kuat bisa dibantu dengan disemat jarum pentul dibagian yang terlipat di pipi.

5. Bentuk wajah memanjang (the long / rectangular face)
Bentuk wajah ini sebenarnya hampir seperti bentuk wajah oval tapi lebih panjang jadi untuk menutupi kekurangan bentuk wajah ini adalah dengan cara memotong bagian dahi dengan menutup atau memakai ciput/dalaman hijab yang dimunculkan menutupi sebagian dahi.

Setelah 5 bentuk wajah dan pemilihan cara pemakaian hijab untuk mengoreksi kekurangannya kita bahas, kembali lagi ... pilihan ada di rasa percaya diri kita dalam memilih model pemakaian hijab yang mana ?
Yang penting dan patut diingat adalah pemakaian hijab harus syar'i ... menutup bagian dada (kerudung tersampir ke depan bagian dada kita).

Bermanfaat dan tidaknya pembahasan ini .... saya tetap berharap semoga ada manfaatnya untuk teman teman yang sempat membaca ya ... ;-)

Wasallam 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Bonjour & Welcome

Total Tayangan Halaman

Powered By Blogger

Advertising

Search This Blog

Flickr Images

Facebook

recent posts

Like us on Facebook

Pages - Menu