Selasa, 29 April 2014

Memaknai hari KARTINI ala adek

Tanggal 21 April ... untuk perempuan sebayaku, pasti akan teringat jaman SD, SMP dan SMA dulu .. heboh mempersiapkan diri dengan kain kebaya masing2 ..
Dan tahun ini .. hal itupun terjadi pada gadis kecilku yang mulai "centil" ..
Namun bukan berarti adek saja lho yang heboh .. bahkan mungkin klo diamati .. emaknya nich yang lebih lleebbaayy ..
Cari referensi di Google .. baju adat anak2 yang sekiranya mudah dibuat, karena si emak nich lagi full energi untuk berkarya .. demi adek eeeuuuyy
Dan akhirnya pilihan jatuh pada baju none jakarte .. let's go .. berburu bahan.
Ngubek toko, pasar ... untuk cari kain batik cerah yang ada tumpalnya seperti kain batik none jakarte .. lha kok ndak ketemu .. ya sudahlah .. beli bahan kain untuk kebaya aja dulu .. bawa ke tukang jahit langganan .. dengan pesanan khusus .. tidak pakai lama
Berkeluh susahnya mencari kain batik ala none jakarte ke mbak penjahit .. pucuk dicinta ulam tiba .. si mbak punya simpanan kain batik .. bongkar2 .. dapat dech yang mirip2, ndak pa2 lah yang penting ada tumpalnya dan kebetulan pas dengan warna kain kebayanya .. *bungkus bawa pulang.
H-1 .. kebaya adek jadi .. tapi kok tidak sesuai pesanan .. minta ubah tangannya biar pakai manset , si mbak tukang jahit bilang nanti malam jam 8 jadinya .. oks dech.
Jam 8 malam diambil .. lha kok masih belum sesuai juga dengan order .. yasud .. ambil saja biar si emak yang permak
Dan begadanglah diriku .. mempermak kebaya adek agar seperti kebaya none jakarte .. jam 10 an jadi .. tinggal kain sarungnya nich.
Si emak kebiasaan bisa berkreasi klo sudah mepet waktu .. dan buka itu kain batik sarung dari mbak tukang jahit .. diamati .. diukur .. digunting .. dijahit *dengan tangan .. karena ndak mau ribut geret mesin jahit malam2 .. tepat adzan subuh .. jjrreenngg .. jadilah kain sarung adek .. jadi bak tikus2 di cerita cinderella ya
Bangunkan adek .. untuk bersiap2 .. dandan .. pakai kebaya dan kain kreasi si emak .. wwuiiicchh senangnya terbayar tak tidurku semalaman ..

Dan .. Assalamualaikum perkenalkan name aye .. ALYA PUTRI
jjrreenng .. adek in action dg hsl karya bunda

Proses pembuatan kostum si none jakarte ALYA PUTRI :
kain sarung bagian dalam .. alamak jahitan tangan saja itu
lipat sebagian
hasil tampak depan
kebaya si none setelah dipermak
manset kreasi emak

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Bonjour & Welcome

Total Tayangan Halaman

Powered By Blogger

Advertising

Search This Blog

Flickr Images

Facebook

recent posts

Like us on Facebook

Pages - Menu